Selasa, 19 Maret 2024

Weka 3: Perangkat Lunak Machine Learning dalam Java

 Weka 3: Perangkat Lunak Machine Learning dalam Java

Weka adalah kumpulan algoritma pembelajaran mesin untuk tugas penambangan data. Ini berisi alat untuk persiapan data, klasifikasi, regresi, pengelompokan, penambangan aturan asosiasi, dan visualisasi.

Pada dasarnya penamaan WEKA pada Perangkat Lunak Pembelajaran Mesin diambil dari nama sebuah  unggas. Habitatnya hanya terdapat di pulau-pulau yang ada di Selandia Baru, Weka adalah burung yang tidak bisa terbang, tetapi memiliki rasa penasaran pada banyak hal. Namanya diucapkan seperti ini 'WEKA', dan suara burungnya seperti ini 'WEKA'.

Weka adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dikeluarkan di bawah Lisensi Umum GNU.

Institusi ybs telah menyusun beberapa kursus online gratis yang mengajarkan pembelajaran mesin dan penambangan data menggunakan Weka. Video untuk kursus tersebut tersedia di Youtube.

Weka mendukung deep learning!

Unduh dan Instal Weka


Terdapat dua versi Weka: Weka 3.8 adalah versi stabil terbaru dan Weka 3.9 adalah versi pengembangan. Rilis baru dari kedua versi ini biasanya dilakukan sekali atau dua kali setahun. Untuk yang paling baru, juga mungkin untuk mengunduh snapshot harian dari kedua versi ini.

Versi stabil menerima hanya perbaikan bug dan peningkatan fitur yang tidak mengganggu kompatibilitas dengan rilis sebelumnya, sementara versi pengembangan mungkin menerima fitur baru yang mengganggu kompatibilitas dengan rilis sebelumnya.

Weka 3.8 dan 3.9 memiliki sistem manajemen paket yang memudahkan komunitas Weka untuk menambahkan fungsionalitas baru ke Weka. Sistem manajemen paket memerlukan koneksi internet untuk mengunduh dan menginstal paket.

Snapshot#
Setiap malam, snapshot dari repositori Git dengan kode sumber Weka diambil, dikompilasi, dan disatukan dalam file ZIP. Ini terjadi untuk kedua cabang pengembangan perangkat lunak dan cabang stabil. Mereka yang ingin mendapatkan perbaikan bug terbaru sebelum rilis resmi berikutnya dapat mengunduh snapshot ini.

Versi Stabil#
Weka 3.8 adalah versi stabil terbaru dari Weka. Cabang Weka ini hanya menerima perbaikan bug dan peningkatan yang tidak mengganggu kompatibilitas dengan rilis 3.8 sebelumnya, meskipun fitur baru utama mungkin tersedia dalam paket. Terdapat berbagai opsi untuk mengunduh dan menginstalnya di sistem Anda:

Windows#
Klik di sini untuk mengunduh file eksekutif self-extracting untuk Windows 64-bit yang mencakup VM Java 64-bit OpenJDK 17 milik Azul (weka-3-8-6-azul-zulu-windows.exe; 133,2 MB).

File executable ini akan menginstal Weka di Menu Program Anda. Meluncurkan melalui Menu Program atau pintasan akan secara otomatis menggunakan JVM yang disertakan untuk menjalankan Weka.


Versi untuk Developer#
Ini adalah cabang pengembangan utama Weka dan berlanjut dari garis kode stabil Weka 3.8. Ini mungkin menerima fitur baru yang mengganggu kompatibilitas mundur.

Windows#
Klik di sini untuk mengunduh file executable self-extracting untuk Windows 64-bit yang mencakup VM Java 64-bit OpenJDK 17 milik Azul (weka-3-9-6-azul-zulu-windows.exe; 133,0 MB).

File executable ini akan menginstal Weka di Menu Program Anda. Meluncurkan melalui Menu Program atau pintasan akan secara otomatis menggunakan JVM yang disertakan untuk menjalankan Weka.


Versi Lama#
Semua versi lama Weka tersedia dari situs web Sourceforge.


0 comments:

Posting Komentar