Berbagai Topik dan Tema Riset IT, Tugas Akhir, Skripsi rumpun Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi sbb:
Augmented Reality
- Teknologi yang mengkombinasikan data dengan realitas tertambah
- E-learning, GIS, E-Commerce, dll
- Berbasis dekstop, Web maupun Mobile
- Tracking Object
- Hand Tracking Algorithm
- Eye Tracking Algorithm
- Face Tracking Algorithm
- Multi object tracking algorithm
Voice Techology
- Speech Recognation
Pengenalan kata/perintah
- Speaker Recognation
Pengenalan siapa yang berbicara
- Voice speaker
- Contoh : Voice command (alg, application), Absensi/ sekurity berbasis suara
- Natural Language Processing – Voice Based
Text Technology
- Text Mining : Melalukan proses klasifikasi objek berdasar deskripsi tekstualnya : mengklasifikasikan buku, dsb
- Text To Speech (TTS) dan Speech To Text (STT)
- Universal Communicator : aplikasi komunikasi text multi bahasa
- Natural language processing berbasis text (chat bot)
Jaringan Komputer
- Multimedia Networking
§ Aplikasi dengan protokol multimedia untuk menyediakan layanan multimedia didalam jaringan
· (Video on Demand (VOD), Live Streaming (Audio, Video)
· Fungsi komunikasi, entertainment, edukasi.
§ VOIP (Voice Over Internet protocol), VPN (Virtual Private Network). Metode, dan sistem.
- Sistem-sistem Kolaborasi (Seperti WIKI dsb)
§ Bisa digunakan untuk kolaborasi bidang-bidang yang spesifik
§ Aplikasi kantor digital dsb
- Sekurity Network
- Kriptografi (penyadian data)
- Metode/ algortima keamanan jaringan Mekanisme pertahanan website / sistem dbs
- Kompresi Data
- Padajaringan komputer
- Kompresi Teks
- Kompresi Multimedia
- Kajian IPv6 Diperusahaan
- VPN
- Dan teknologi sekurity baru lainnya
Multimedia Web dan Mobile
- Multimedia - Web dan Mobile
- Museum Virtual
- Suatu teknologi yang mengkombinasikan data dengan teknologi vitual
- Membuat Museum yang bisa dijelajahi secara virtual
- Berbasis Web
- Proses pengolahan data tetap ada
- (Virtual Assistant) VIRTUAL TEACHER, VIRTUAL DOCTOR
o (Chatbot multimedia – voice based , Caracter virtual)
- Aplikasi kitab suci, edukasi, sistem kantor digital dsb
- Mobile application :
- Android based (API’s)
- Iphone Based
- Windows Mobile based
- Mobile application :
- Android based (API’s)
- Iphone Based
- Windows Mobile based
- Perlu dicermati : bahwa sistem yang dikembangkan harus memiliki back end application (web atau dekstop) dan front end application (mobile)
- Ketika Mengembangkan aplikasi mobile perlu dipikirkan bahwa solusi mobile sangat dibutuhkan.
- Berbagai konten dapat dimasukkan disini.
- Aplikasi M-Farming, M-FiSHING, M-COMMERCE, MPETANI, M-NELAYAN dsb.
- Tema : Aplikasi –LIST Belanja Berbasis mobile, kolaborasi antara anda (pengguna dengan toko2 di kota tujuan)
SEMANTIC WEB
- Metode
- Aplikasi penerapan semantic web
- Dsb
- Eksplorasi konten web, Status jejaring sosial dsb
Image Processing
- Object Recognation
- Color Recognation
- dsb
SIG (berbasis Web)
- Sistem-Sistem Informasi untuk Daerah, Petani, Nelayan, Kesehatan, pendidikan dsb Berbasis Pemetaan – untk menunjukkan Potensi – fasilitas umum , hasil bumi, penyebaran penyakit, persebaran unit pendidikan dsb)
- Menjadi suatu Sistem Pengambilan keputusa dengan dasar peta-peta tersebut.
E-commerce
- Sesuaikan dengan batasan yang sudah ditetapkan prodi
- Membuat E-Commerce atau bagian dari E-
§ Commerce
§ Membuat aplikasi Chatbot untuk Aplikasi Tawar Online di sebuah E-Commerce
- E-Auction (Lelang)
- E-Bartering
- E-Tailing (B2B, B2C, C2B)
E-learning
- Bisa mengembangkan e-learning untuk sekolah
- SI. Akademik
- Pengembangan sistem monitoring Pelaporan Pembelajaran
- Collaborative learning
- Video Conference pendukung kegiatan e-learning
- dsb
Teknologi-teknologi IT
o QRCode
§ Untuk berbagai keperluan basis WEB dan mobile(HTML 5) – Akses data via mobile – data asli di Web
o RFID
- Untuk berbagai keperluan
- Contoh Dapat RFID sistem Untuk Unikom -SUDAH)
- RFID untuk Stadion, Pembayaran Bus – Transjakarta/Trans bandung dsb)
o NFC
§ Transfer pulsa, data dsb (teknologi baru, terbatas pada HP yang mendukung NFC)
o Cloud Computing
§ Skalabilitas luas, Desa, Rumah Sakit, Perusahaan, UKM, Puskesmas, pendidikan, workshop, dsb.
0 comments:
Posting Komentar