Minggu, 31 Desember 2023

Clustering Biaya Kesehatan Menggunakan Algoritma K-Means

 Clustering Biaya Kesehatan Menggunakan Algoritma K-Means


Abstract---Asuransi kesehatan merupakan asuransi dimana pihak penanggung menjamin segala kemungkinan yang terjadi pada diri tertanggung terkait dengan masalah kesehatanya sesuai dengan perjanjian yang telah di sepakati.

Suatu perusahaan yang bergerak dibidamg jasa asuransi jiwa perlu melakukan analisis calon nasabah asuransi. Agen asuransi perlu menganalisi calon nasabah. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menyelidiki berbagai faktor yang berhubungan dengan kesehatan dan keterkaitannya untuk memprediksi biaya pengobatan individu yang ditagihkan oleh asuransi kesehatan secara akurat. Faktor-faktor ini mencakup aspek-aspek seperti usia, dan indeks massa tubuh (BMI).

Salah satu metode analisis ini dengan menggunakan metode clustering dengan algoritma k-means. Clustering adalah teknik dalam analisis data yang digunakan untuk mengelompokkan objek atau data ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan karakteristik tertentu. Tujuan utama dari clustering adalah untuk mencari pola atau struktur dalam data tanpa adanya label atau pengawasan sebelumnya. Dalam clustering, objek dalam kelompok yang sama akan memiliki kesamaan yang tinggi, sedangkan objek antar kelompok akan memiliki perbedaan yang signifikan.

 Kata Kunci Asuransi, Kesehatan, Clustering, Data mining

Untuk tampilan maksimal klik disini


0 comments:

Posting Komentar